Mencuci Baju Selama Traveling

Kamis, 27 September 2018 15:48


(ist)

CSR.id - Jika Anda ingin bepergian secara ringan alias membawa baju dalam jumlah sedikit, maka Anda perlu tahu cara mencuci selama traveling. 


Cara termudah memang memanfaatkan jasa laundry yang disediakan hotel. Namun, Anda perlu merogoh kocek yang dalam. 


Jadi, cara termudah sekaligus hemat adalah mencuci sendiri. Anda bisa mencuci baju di kamar mandi yang tersedia di kamar hotel. 


Selain berhemat, Anda juga tidak perlu membawa baju dalam jumlah yang banyak. Strategi mencuci sendiri saat traveling sangat cocok jika Anda bepergian lebih dari tiga hari.  


Deterjen 

Pastikan Anda membawa deterjen dalam kemasan kecil saat traveling. Di Indonesia, deterjen dalam bentuk sachet mudah dibeli di warung-warung. Anda bisa membawa sendirinya dari rumah dengan mengemas deterjen bubuk dalam plastik-plastik kecil. 

Beberapa orang lebih memilih deterjen bubuk untuk mencuci selama traveling. Sebab, khawatir jika deterjen cair mudah tumpah dan mengotori tas atau koper. Saya pribadi lebih menyukai deterjen cair karena lebih mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan sisa-sisa deterjen seperti halnya deterjen bubuk. 


Jika Anda memilih membawa deterjen cair, pastikan Anda menaruhnya di botol plastik kecil  dengan tutupan rapat. Lalu taruh botol ini di dalam plastik ziploc ukuran besar. Plastik ziploc tidak hanya berfungsi agar cairan deterjen tetap terjaga, tetapi juga berguna saat mencuci. 


Deterjen cair cocok dibawa untuk traveling domestik. Jika bepergian ke luar negeri, lebih baik membawa dalam bentuk bubuk karena ada aturan ketat membawa cairan dalam pesawat ke luar negeri. 


Hanger baju 


Anda juga bisa membawa beberapa hanger baju untuk menjemur. Bawa hanger dalam ukuran kecil. Atau, Anda bisa membawa hanger lipat portabel yang kini sudah banyak dijual di toko-toko online. 


Ukurannya kecil saat hanger dilipat. Saat bepergian dalam waktu yang lama, saya biasa membawa hanger kecil (biasa dipakai untuk pakaian anak-anak) dan beberapa penjepit baju. 


Cuci malam hari 

Cucilah baju malam hari saat Anda sudah tiba di hotel. Lalu jangan biarkan baju basah dibiarkan begitu saja. Langsung gantung agar cepat kering. 


Biasanya kaus lengan pendek dan pakaian dalam seperti celana dalam akan kering dalam dua hari. Jadi Anda perlu mengatur strategi saat mencuci. 


Sabun hotel 

Sabun hotel bisa digunakan untuk mencuci, terutama untuk pakaian dalam. Bahannya lembut sehingga tidak merusak kain, tetapi tetap efektif untuk membersihkan. 


Mencuci dalam plastik ziploc 

Plastik ziploc memiliki perekat yang bisa dibuka dan ditutup. Anda tinggal memasukan baju seperti kaus atau pakaian dalam ke dalam plastik. Jadi pastikan membawa plastik ziploc ukuran besar yang bisa memuat minimal satu kaus lengan pendek Anda. 


Setelah kaus dimasukan dalam plastik, tuang sedikit deterjen dan air secukupnya. Lalu tutup plastik dan kocok-kocok beberapa waktu. Kemudian bilas kaus dan gantung agar kering. Teknik ini tidak bisa diterapkan pada celana panjang terutama yang berbahan kaku (seperti celana jins), jaket, dan baju-baju tebal lainnya.   


Tas waterproof 

Tas menyelam yang berbahan PVC merupakan tas yang kerap dipakai para pehobi selam untuk menaruh baju basah. Sebab tas ini tahan dan kedap air. Harganya biasanya lumayan mahal. 

Selain membelinya di toko-toko outdoor, produk serupa juga dijual di toko-toko online. Jadi agar lebih berhemat, Anda bisa membeli produk serupa yaitu dry bag atau waterproof bag di toko-toko online. Harganya di kisaran Rp 50.000. Pastikan terbuat dari bahan PVC dan memiliki penutup yang rapat. 


Sama dengan teknik dengan ziploc, masukan kaus ke dalam tas lalu beri deterjen dan air. Kocok-kocok beberapa saat. Keluarkan baju dan bilas dengan air bersih. Lalu, gantung baju agar cepat kering.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jangan Menulis Ini di Tanda Pengenal Koper Anda
Apa Sebenarnya Fungsi Wrapping Koper di Bandara?
Tips Memilih Instruktur untuk Menyelam
Mau Traveling ke Pulau kok Mabuk Laut, Coba Tips Manjur ini

Event

+ index