Ini Dia Manfaat Naik Gunung untuk Kesehatan Mental

Kamis, 17 Mei 2018 10:48


(ist)

CSR.id - Naik gunung adalah kegiatan traveling yang seru untuk dilakukan. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat baik dari sisi kesehatan fisik dan kejiwaan, juga manfaat secara sosial. Tidak percaya?


Naik gunung adalah salah satu kegiatan outdoor activity yang banyak dipilih traveler. Kegiatan lainnya yang sejenis adalah arung jeram, susur gua, hiking bahkan mendayung perahu canoe. Namun naik gunung tetap yang menjadi favorit karena banyak hal yang bisa dijumpai sepanjang jalan.


Kegiatan naik gunung tentu saja membawa sejumlah manfaat positif untuk para traveler yang ingin mencobanya. 


1. Mendekatkan Diri Pada Alam

Saatnya memiliki pemahaman yang tepat dari kegiatan di alam bebas. Gunung, sungai dan hutan bukan untuk ditaklukan, tapi justru kita menjadi dekat, selaras dan harmoni dengan alam.


Masuk ke hutan menuju puncak gunung akan menyadarkan kita untuk lebih menghargai alam. Bandingkanlah kondisinya dengan alam yang rusak, hutan yang gundul, limbah berceceran. Tidakkah kita kasihan dengan alam?


Kegiatan mendaki gunung adalah cara kita mendekatkan diri dengan alam. Sepulang nanti, kita jadi lebih bisa menghargai keberadaan tumbuhan dan hewan di sekitar kita. Karena, kita sudah membuktikan, alam lebih indah dinikmati tanpa polusi dan sampah.


2. Mengenal Kemampuan Diri

Naik gunung adalah cara kita menguji kemampuan diri sendiri sendiri secara lebih dekat. Naik gunung adalah tantangan, sanggupkah kita untuk mencapai puncak, atau menyerah di tengah jalan.


Berbagai kondisi akan kita temui sepanjang jalan. Kekuatan fisik kita sungguh diuji. Mungkin kita ragu, tapi kita terus maju. Ketika sampai dipuncak, itu adalah bukti kalau kita bisa berhasil ketika sungguh-sungguh berusaha.


Naik gunung jelas melatih kepercayaan diri. Ada hikmah yang kita bawa pulang untuk menjalani kehidupan. Cobaan hidup itu seperti naik gunung, kita bisa melewatinya ketika percaya dengan kemampuan diri.


3. Kerja Sama Tim

Naik gunung adalah cara yang sempurna untuk melatih kerja sama tim. Tentu kita tidak naik gunung sendirian, melainkan dengan teman-teman sepermainan.


Kerja sama ini dimulai dari bagi-bagi tugas dan perlengkapan, keberangkatan, sampai puncak dan kembali. Naik gunung dalam satu tim artinya kita harus saling menjaga keselamatan yang lain, saling memberi semangat.


Jangan lupa juga membantu yang kesulitan. Ketika semuanya kompak, perjalanan naik gunung akan menjadi pengalaman yang mengasyikan.


(ayb/int)


Berita Terkait
Tips Ampuh Agar Makin Langsing Selama Traveling
Buat Kamu yang Suka Traveling, Yakin Kamu Termasuk Traveler?
Wow, Ternyata Inilah keuntungan Liburan Saat Bulan Puasa 
Jalan-Jalan Hemat keliling London
Jorok Sih! Tapi Beginilah Cara Tetap Nyaman Traveling Tanpa Mencuci Baju

Event

+ index