Liburan Hemat Ala Mahasiswa, Bahagia Tanpa Menguras Kantong

Selasa, 17 April 2018 15:16


(ist)

CSR.id - Keuangan adalah hal yang paling riskan apalagi untuk mahasiswa, terutama jika ingin melakukan liburan ke luar daerah. Pasalnya, sumber utama dananya berasal dari uang jajan yang diberikan orang tua.  
 

Tapi siapa bilang liburan seru hanya bisa dinikmati orang dengan banyak uang? buktinya kamu yang mahasiswa bisa pergi liburan dengan dana murah namun tetap seru. Ini ada beberapa tips bagi mahasiswa yang perlu disiapkan jika ingin liburan tapi sesuai dengan isi kantong.
 

1. Siapkan Dana Dengan Menabung
 
Untuk kamu yang memiliki dana terbatas, sebaiknya sisihkan uang dan simpan untuk ditabung. Tidak harus banyak-banyak, misal dari setiap minggu kamu ambil 20 persen uang jajan dan lakukan secara konsisten. Jadilah mahasiswa yang pintar, tidak hanya pintar secara akademis, pengelolaan uang pun harus terampil.
 

2. Tentukan tempat liburan
 
Tips liburan kedua tentunya kamu harus menentukan tempat tujuan. Tempat yang akan dituju adalah hal yang sangat penting karena mengingat budget yang akan dikeluarkan. 
 

Sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu menguras banyak biaya dan perhatikan beberapa hal seperti transportasi, tempat penginapan, makan, berapa lama liburan, bahkan kalau diperlukan buatlah rundown acara agar terorganisir dengan baik.
 

3. Riset dulu di internet
Banyak tempat di berbagai wilayah yang murah dan asyik untuk dikunjungi. Tetapi, kamu perlu tahu dulu dimana letak persis dan seluk beluknya. Maka dari itu baiknya sebelum berangkat lakukanlah riset dan kumpulkan informasi.


Simpan berbagai informasi tentang destinasi yang seru dan murah. Simpan menjadi memo di gadget atau catat di buku kecil untuk membantu perjalananmu agar lebih mudah.


4. Cari tiket murah
 
Sebelum waktu liburmu tiba, ada baiknya menyusun plan kemana tujuanmu dan berapa lama waktu yang kamu inginkan disana. Setelah plan tujuanmu jelas, kamu bisa mencari tiket diberbagai aplikasi tiket online yang ada di gadgetmu.
 

Hal yang biasa terjadi saat kamu memesan tiket untuk perjalanan yang masih lama akan kamu lakukan adalah harga tiket lebih murah. Manfaatkan juga diskon dan berbagai promo menarik dari masing-masing aplikasi online yang ada di gadgetmu.


5. Mensiasati makan
 
Untuk mensiasati pengeluaran makan, lebih baik bawa makan dari rumah atau kost. Selain makan berat kamu juga bisa bawa makanan ringan untuk mengganjal perutmu yang lapar. 
 

Jangan pernah mengesampingkan makanan, karena dana terbatas kamu tidak memperhatikan makan. Sehingga bukannya berlibur malah nambah masalah karena kelaparan. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Musim Hujan Bukan Kendala untuk Traveling, Ini Triknya
Kamu Tahu Ciclotourism?
Percaya Nggak, Keliling Eropa Dengan Naik Bus Ternyata Lebih Irit Budget
Siapa Sangka, Penyuka Traveling Ternyata Mudah Menjadi Orang Sukses
Hal-hal Ini Paling Bikin Kangen Indonesia Pas Kamu di Luar Negeri!

Event

+ index