Ini yang Dirasakan Tubuh Kalau Punya Kolesterol Tinggi

Sabtu, 13 Januari 2018 14:29


(ist)

CSR.id - Kolesterol menjadi satu penyakit yang tak asing lagi bagi manusia modern. Sebenarnya, kolesterol adalah zat menyerupai lemak yang ada di setiap sel dan darah manusia.


Kolesterol diproduksi oleh hati dan diperoleh dari makanan yang penting bagi tubuh. Fungsinya membantu pembentukan selaput sel dan hormon adrenal.


Tanpa kolesterol, tubuh tidak bisa mensintesis vitamin D, juga nutrisi yang penting bagi tulang kita serta banyak fungsi tubuh. Ingat, jika sesuai kadar tertentu.


Jika dibiarkan menumpuk, ada banyak konsekuensi yang harus kamu tanggung. Beberapa di antaranya seperti risiko aterosklerosis, kondisi kardiovaskular yang seringkali berakibat fatal, dan gangguan organ lainnya seperti penyakit hati, diabetes, masalah tiroid dan genetika.


Untuk mencegah semua risiko mengerikan itu, para ahli merekomendasikan pengujian kadar kolesterol dengan LDL, HDL, dan trigliserida. Meski dapat terjaga dengan hidup sehat, ada baiknya kita tahu apa saja tanda-tanda kolesterol yang tinggi dalam tubuh.


1. Warna Kekuningan di Kelopak Mata

Jika bagian dalam kelopak mata tiba-tiba berubah kekuningan, kamu mungkin menderita kolesterol tinggi. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter.


2. Cincin Mata Abu-abu

Cincin berwarna abu-abu di matamu adalah tanda penuaan dan akumulasi kolesterol. Hal itu akan membuat indikasi peningkatan risiko stroke dan serangan jantung.


3. Kesemutan di Tungkai

Jika lengan dan kaki sering kesemutan, perlu periksa kadar kolesterol kamu. Ketika pembuluh darahmu terhalang oleh kolesterol, saraf perifer tidak mendapatkan tingkat oksigen yang tepat sehingga terjadi kesemutan.


4. Sakit di Leher dan Punggung

Kolesterol akan menghalangi sirkulasi peredaran darah ketika menumpuk di pembuluh arteri. Gangguan sirkulasi darah yang terjadi di leher dan punggung akan menyebabkan nyeri bahu, leher, dan punggung.


Para ahli mengatakan terlalu sering merasa sakit kepala mendadak bisa jadi tanda kadar kolesterol tinggi dan harus diperiksa oleh dokter.


(ayb/int)


Berita Terkait
Nginep di Hotel Sendirian? Siapa Takut!
Persiapan Liburan Bersama Anak ke Pulau
Tips Liburan ke Belanda yang 'Pewe' untuk Hijaber
Begini Nih Trik Agar Koper Kamu Keluar Duluan Dari Bagasi Pesawat di Bandara
Tips Wisata Lebaran Hemat dan Ekonomis

Event

+ index