Dari Mana Asal Usul Pil PCC?

Rabu, 06 Desember 2017 9:48


(ist)

CSR.id - Pil Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) telah disalahgunakan. Dari ketiga kandungan tersebut, carisoprodol diketahui bisa menyebabkan efek samping yang paling membahayakan kesehatan.


Dilansir jurnal Annals of the New York Academy of Sciences, carisoprodol awalnya dikembangkan oleh Dr Frank M. Berger di laboratorium Wallace pada 1959. Kandungan ini dimanfaatkan sebagai pengganti obat meprobamate.


Berger menilai carisoprodol bisa memberikan efek menenangkan dan sulit disalahgunakan dibandingkan meprobamate. Tak hanya memiliki efek kepada sistem saraf pusat, carisoprodol juga merupakan properti analgesik tidak biasa.


Berdasarkan temuan ini, obat tersebut marak di pasaran. Namun, hadirnya obat ini bertujuan untuk meredakan nyeri pinggang dan terbukti bisa meredakan rasa nyeri dan melemaskan otot yang kaku.


Sayang, pada 1976 muncul laporan kasus over doses karena obat ini. Menurut peneliti, hal tersebut dipicu karena overdosis hormon serotonin di obat karena carisoprodol.


(ayb/int)


Berita Terkait
Nginep di Hotel Sendirian? Siapa Takut!
Persiapan Liburan Bersama Anak ke Pulau
Tips Liburan ke Belanda yang 'Pewe' untuk Hijaber
Begini Nih Trik Agar Koper Kamu Keluar Duluan Dari Bagasi Pesawat di Bandara
Tips Wisata Lebaran Hemat dan Ekonomis

Please login for commentKomentar
Jaebum
Sebenar nya pil PCC ini dibuat untuk tujuan meredakan nyeri pinggang dan terbukti bisa meredakan rasa nyeri dan melemaskan otot yang kaku. sayangnya banyak disalah gunakan
emma
sebenernya semua obat mungkin diciptakan utk keperluan pengobatan, tp ada aja oknum2 yg tdk bertgg jwb yg menyalahgunakan oabat2 ts dan diperjualbelikan kpd umum
mama
Obat keras dijadikan candu, pantas aja kalau pada tewas karenanya

Event

+ index