Ini Caranya agar Anak Anda tak Obesitas 

Kamis, 12 Oktober 2017 15:46


(ist)

CSR.id - Obesitas kini telah berubah dan menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Parahnya, obesitas juga menjadi perhatian pada kalangan anak-anak. Di Amerika Serikat, diperkirakan satu dari setiap lima anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dan jumlahnya dikatakan terus bertambah.


Obesitas pada anak membuat anak-anak berisiko mengalami masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung di kemudian hari. Hal ini juga dapat menyebabkan depresi dan harga diri menjadi rendah.


Pada Hari Obesitas Dunia yang jatuh setiap 11 Oktober, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan sebuah laporan bahwa jumlah anak-anak dan remaja obesitas berusia lima sampai 19 tahun di seluruh dunia telah meningkat sepuluh kali lipat dalam empat dekade terakhir.


Tingkat obesitas pada anak-anak dan remaja meningkat dari yang awalnya kurang dari 1persen atau setara dengan lima juta anak perempuan dan enam juta anak laki-laki pada 1975, menjadi hampir 6 persen pada anak perempuan (50 juta) dan hampir 8 persen pada anak laki-laki (74 juta) pada 2016 kemarin.


Jika digabungkan, jumlah anak gemuk berusia lima sampai 19 tahun meningkat lebih dari sepuluh kali lipat secara global, dari 11 juta di tahun 1975 menjadi 124 juta pada 2016. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mengadopsi gaya hidup sehat.


Berikut, beberapa tips yang bisa diikuti orangtua untuk membantu anak-anak mereka agar tidak kelebihan berat badan seperti dilansir dari Zeenews:


1. Hidup sehat

Dorong anak makan makanan sehat. Berikan mereka banyak buah-buahan, sayuran dan juga produk gandum. Minta mereka untuk minum banyak air putih dibandingkan minuman manis. Jangan lupa sertakan produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, daging unggas, ikan serta kacang-kacangan dalam makanan untuk menambah protein.


2. Biasakan sarapan

Jangan membiarkan anak melewatkan sarapannya. Ini adalah makanan yang paling penting dalam waktu sehari ini. Studi telah menghubungkan sarapan dengan mempertahankan indeks massa tubuh lebih rendah (BMI) dari waktu ke waktu. Selain itu, menyantap sereal untuk sarapan secara teratur telah dikaitkan dengan berat badan yang sehat bagi anak-anak.


3. Sedikit tapi sering

Beri anak makan dengan porai lebih kecil tapi lebih sering. Ini akan menjauhkan mereka dari rasa lapar, karena dipercaya dapat mengurangi hasrat mengonsumsi makanan cepat saji.


(ayb/int)


Berita Terkait
Tips Memilih Instruktur untuk Menyelam
Mau Traveling ke Pulau kok Mabuk Laut, Coba Tips Manjur ini
Cara Membeli Minuman pada Vending Machine
Inilah Sensasinya Jika Kamu Berenang di Pantai  
Inilah Cara Memaksimalkan Waktu Liburan Bersama Anak

Please login for commentKomentar
Nonaka
Pola hidup sehat itu paling utama agar kita tak mudah terkena serangan penyakit termasuk obesitas
dheshe
yang terpenting sih hidup sehat aja dan makan makanan yang bergizi agar anak kita bisa sehat serta tidak gemuk pula
Renny
anak2 saya masih tahap normal, jd tidak ada yg gemuk maupun kurus. yang penting mereka sehat dan tidak kekurangan vitamin. -r-
emma
wah udah bener nih berarti atur pola makan anak2 dirumah..jd biarpun mereka engga gemuk, yg penting tetap sehat dan aktif

Event

+ index