Waspada Dampak Fatal Kurang Tidur

Senin, 19 Juni 2017 15:05


(ist)

CSR.id - Tak sedikit remaja yang memiliki pola tidur yang salah. Terlalu banyaknya tugas sekolah sering membuat mereka harus mengurangi jam istirahat dan memilih tidur larut malam. Padahal keesokan paginya mereka harus kembali berangkat ke sekolah dan belajar keras. Tanpa mereka sadari, kebiasaan mengurangi jam istirahat ini diduga dapat berakibat buruk pada kinerja otak.


Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mengganggu pertumbuhan sel-sel otak, termasuk penipisan sinapsis otak. Seperti yang kita ketahui, sinapsis sendiri adalah penghubung sel-sel saraf di mana komunikasi atau penyampaian impuls terjadi.


Seorang peneliti bernama Dr.Chiara Cirelli dari Universitas Wisconsin mengatakan bahwa jika seseorang selalu kurang tidur dalam masa remajanya, ada kemungkinan akan terjadi masalah dalam hal kinerja otak . Mengapa bisa begitu? Masa remaja adalah masa perkembangan otak, jadi ketika otak selalu dipaksa bekerja dan jarang beristirahat, otak bisa saja menjadi rusak.


Dr.Cirelli juga mencoba membuktikan hal itu dengan melakukan uji coba terhadap tikus. Para peneliti membandingkan tikus-tikus remaja yang dibiarkan tertidur dengan tikus yang dipaksa untuk terus bangun atau terjaga selama kurang lebih 8-10 jam. Peneliti terus mengikuti perkembangan otak tikus-tikus ini menggunakan mikroskop khusus untuk melihat bagaimana perkembangan sinapsis otak mereka.


Dr.Cirelli mengatakan bahwa banyaknya waktu yang dihabiskan untuk tidur maupun terjaga, bisa mempengaruhi jumlah sinapsis otak yang terbentuk. Namun Dr.Cirelli juga mengungkapkan bahwa hasil akhir dari penelitian ini belum bisa dipastikan karena percobaan masih terus berjalan.


Belum ada yang bisa memprediksi dengan tepat tentang efek buruk seperti apa yang akan terjadi ketika seseorang selalu kurang tidur pada masa remajanya. Namun sudah seharusnya kita semua sadar bahwa tubuh pun butuh istirahat, termasuk otak kita.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cara Menjawab Pertanyaan Anak Soal Asal Mula Bayi
Tips Membersihkan Peralatan Dapur ynag Benar
Suka Upload Foto Bareng Pacar ke Medsos? Ini Tipe Kepribadian Kamu
Bakar Lemak Perut Selagi Tidur
Warna Mata Seringkali Menjadi Daya Tarik

Please login for commentKomentar
mama
Kurang tidur kurang istirahat , biasanya pagi atau siangnya nagih badannya , harusnya jangan di tahan , bisa kena penyakit berbahaya memang
Arif
yang begini nih yang harus dicoba.kali aja ya kan jadi lebih percaya diri
runi
kurang tidur bisa memicu stress, bahkan parahnya bisa bikin halusinasi juga
princess
belakangan ini kurang tdr udh jadi kebiasaan saya nih, malahan ga tidur
xx
dampaknya sangat tidak baik untuk kesehatan, harus bisa lebih memberikan tubuh ini istirahat yang cukup, jangan anggap sepele kalau kurang tidur
ferry
orang terkadang meremahkan kurang tidur padahal sebenarnya bisa berakibat fatal
Sam
zaman sekarang sudah lumrah begadang di dunia kerja, tapi kalau bisa diselesaikan dari pagi kenapa harus begadang
sumaryani
perhatian buat orang yang suka bergadang ataupun kerja lembur dampak buruk untuk tubuh akan terasa hari ini dan kedepannya
Renny
cocok nih artikelnya untuk orang2 yang suka lembur dan kurang tidu. sakit bukan sekarang tapi nanti -r-
emma
sayang banget ya kl masa remaja cuma dihabiskan dgn hal2 yg kurang bermanfaat..hrsnya mereka msh bs lbh teratur lg

Event

Men’s Expo 201720 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
Pasaraya Carnival14 Oktober 2017 - 12 November 2017
Indonesia Diecast Expo 201728 Oktober 2017 - 29 Oktober 2017
+ index