Warna Urine Perlu Di Cek Usai Buka Puasa

Senin, 19 Juni 2017 15:50


(ist)

CSR.id - Selama berpuasa tubuh mengalami perubahan pola konsumsi karena pembatasan waktu makan dan minum. Karenanya, tubuh bisa kekurangan asupan air yang dibutuhkan dalam sehari selama berpuasa.


Pakar gizi klinik dari FKUI, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc mengatakan bahwa umumnya tubuh akan kehilangan cairan sebanyak dua liter sehari, yang seharusnya bisa segera digantikan dengan minum air putih. Sehingga, ketika seseorang menjalankan ibadah puasa mereka akan mengalami dehidrasi ringan.


"Ketika berbuka puasa yang dilakukan pertama kali adalah menggantikan cairan yang hilang atau mengatasi dehidrasi ringan tersebut, yakni langsung minum air putih. Baru setelah itu, menggantikan karbohidrat yang juga menurun selama berpuasa, biasanya dengan makan kurma," ucapnya belum lama ini.


Kemudian, setelah berbuka Dr. Saptawati mengajurkan untuk mengecek apakah kita sudah terhidrasi dengan baik melalui warna urine. Biasanya, bila warna urine menjadi lebih gelap dan pekat itu sebagai pertanda Anda masih dehidrasi.


"Ada 8 gradasi warna urine. Gradasi urine yang diharapkan itu 1 sampai 3 karena sudah paling bening, artinya kita terhidrasi sangat baik. Tetapi, begitu sudah gradasi 4 sampai 6, tandanya kita sudah mulai kurang minum seperti ketika puasa, dan sudah mengalami dehidrasi jika warna urine lebih pekat lagi yakni gradasi 7 dan 8," tandasnya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik PalsuĀ 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
ferry
memang kalau sudah dehidrasi kita menjadi mudah lemas karenanya perlu minum yang cukup setelah buka puasa
Sam
harus lebih jeli lihat warna urine karena sebagai indikator kesehatan tubuh juga
sumaryani
supaya urine tidak pekat sebaiknya saat sahur dan berbuka banyakin minum air putih
Renny
memang ada yang beda saat cek urine saat puasa dan tidak puasa. apa bisa ketahuan nanti apa kita penyakit atau tidak. -r-
emma
memang betul sih, apa yg kita makan dan minum sangat berpengaruh pada warna bahkan bau dr urine tsb..jd sebaiknya lbh bnyk minum air putih, spy tubuh kita tetap sehat walaupun berpuasa

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index