Tips Agar Anak Nyaman Duduk di Car Seat saat Mudik

Senin, 19 Juni 2017 13:01


(ist)

CSR.id - Banyak orang tua kerap meletakkan buah hatinya di car seat saat berpergian dengan menggunakan mobil, termasuk ketika menjalankan mudik perjalanan jauh. Namun, para ilmuwan menekankan penggunaan car seat tidak lebih dari 30 menit perjalanan.


Pasalnya, hal ini bisa meningkatkan risiko bayi tercekik. Dilansir dari Daily Mail, pada dasarnya bayi yang masih kecil memiliki otot leher yang belum cukup kuat untuk mencegah kepala mereka terdorong ke depan yang bisa membuat mereka tidak bisa bernapas.


Selain itu, para produsen juga menyarankan agar bayi tidak ditinggal di car seat selama lebih dari dua jam. Tak ketinggalan, para dokter dan yayasan sosial menyarankan produsen car seat untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang bahaya perjalanan jauh menggunakan car seat.


"Jika Anda bisa menghindari perjalanan mobil, lebih baik hindari. Batasi tidak lebih dari 30 menit perjalanan. Tapi, akan lebih baik untuk menghindari perjalanan mobil dengan bayi," papar dokter anak di Bristol University, Dr Peter Fleming.


Dalam penelitian ini, Dr Fleming bersama timnya menggunakan laboratorium guna membuat replika untuk mengetahui bagaimana efek samping tertidur di car seat dalam perjalanan dengan kecepatan 40 km per jam. Hasilnya menunjukkan, setelah setengah jam perjalanan, jumlah oksigen dalam darah bayi berusia dua bulan menurun sangat drastis dan detak jantung meningkat.


Berdasarkan hasil penelitian ini, para orang tua harus memastikan bayi berada dalam kursi yang benar-benar aman selama perjalanan. Selain itu, untuk memastikan bayi masih bernapas dengan baik, orang dewasa juga harus duduk di sebelah bayi. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik Palsu 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
ferry
ternyata car seat tidak baik terlalu lama jika untuk bayi harus disediakan tempat yang lebih nyaman dan aman untuk bayi
Sam
baca pedoman kendaraan saja, posisi si kecil harus diperhatikan agar tidak cedera saat air bag bereaksi
sumaryani
labih baik di gendong atau di panku sang ibu itu lebih aman daripada di taruh di car seat
Renny
anak gw eza udah ga muat ya kalo pakai itu lagi, pasti ga bakalan betah -r-
emma
jaman modern begini orang maunya serba praktis, smp urusan anak di dlm kendaraan aja hrs menggunakan car seat..padahal engga ada salahnya di pangku aja sm ibunya, kl si anak tertidur tinggal direbahkan dan kepalanya ditopang dgn bantal

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index