Pacaran Bertahun-tahun Tapi Belum Siap Nikah, Kenapa?

Senin, 19 Juni 2017 15:58


(ist)

CSR.id - Ada pasangan yang sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun. Namun, mereka masih enggan atau belum siap menikah. Apa ya sebabnya? 


Menanggapi hal ini, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Pustika Rucita MPsi, Psikolog atau akrab disapa Cita mengatakan, hal ini bisa terjadi karena alasan yang bermacam-macam. Misalnya saja pasangan memiliki prioritas lain.


"Kasus seperti ini banyak banget ya. Biasanya alasannya memiliki prioritas lain seperti karir, finansial dan lain-lain," ucap Cita.


Lebih lanjut, Cita mengatakan sebetulnya tanda pasangan yang belum yakin untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius sudah dapat terlihat dalam suatu hubungan. Ia memberi contoh pasangan yang cenderung menghindar saat membicarakan masa depan.


"Selain itu pasangan juga kalau sharing kebanyakan ngomongin tentang dia terus nggak ada melibatkan kita di masa depannya. Nah, itu tuh tanda-tandanya (pasangan belum siap menikah)," sambung wanita berhijab ini.


Namun, menurut Cita, si pasangan juga memiliki hak yang sama untuk menyampaikan harapan serta keinginan untuk menikah. Hal tersebut dilakukan agar sang pasangan mengetahui apa yang akan dihadapi dalam suatu hubungan.


"Kalau memang bisa dijembatani kasih waktu berapa lama silakan. Tapi kalau tidak bisa, mungkin hubungan itu perlu dievaluasi dan dipertimbangkan ulang agar ketemu jalan keluar yang terbaik," pungkas Cita.


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik Palsu 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
ferry
kalau sudah seperti itu memang harus dipertanyakan komitmen pasangan kita
Sam
mungkin hanya masalah mental dan ekonomi saja, kalau semua sudah siap pasti sudah mantap ke pelaminan
sumaryani
cowok yang selalu saja susah berkomitmen mereka sering menunda karena belum siap untuk menikah
Renny
pacaranya tuh cukup 4tahu untuk saling mengenal tapi kalo lebih dari 4thn itu mah udah terlalu lama. udah boros ongkos kalo ngapel dan ga hemat waktu. -r-
emma
biasanya pria yg agak susah berkomitmen, engga tau kekhawatiran nya krn apa..padahal kl melihat kesiapan, wanita apalagi yg nntinya hrs mengandung dan melahirkan

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index