Minyak Aromaterapi Bisa Merusak Hati dan Ginjal?

Senin, 19 Juni 2017 14:11


(ist)

CSR.id - Berendam menggunakan minyak aromaterapi tentunya sangat menyenangkan dan bisa membuat pikiran kita menjadi rileks. Namun para ilmuwan memberi peringatan baru mengenai minyak aromaterapi ini. Mereka mengatakan bahwa minyak ini bisa saja merusak kesehatan kita.


Para peneliti mengungkapkan bahwa ekstrak yang digunakan untuk aromaterapi (yang sering digunakan untuk mandi, pijat, maupun yang dibakar di dalam kamar) ketika bereaksi dengan udara akan menghasilkan partikel-partikel kecil yang diduga bisa berbahaya.


Menurut ilmuwan, dalam minyak tersebut ada bahan kimia berupa senyawa organik tertentu yang mudah menguap, di mana bila senyawa ini bereaksi dengan udara maka akan membentuk aerosol organik sekunder.


Lalu apa saja bahayanya terhadap kesehatan? Ternyata senyawa ini bisa membuat iritasi pada mata, hidung, maupun tenggorokan. Peneliti juga mengatakan zat ini dapat membuat sakit kepala, mual, merusak hati atau ginjal, juga bisa memperburuk saluran pernapasan pada seseorang yang punya penyakit paru-paru atau asma.


Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Engineering Science tersebut juga menyebutkan macam-macam minyak aromaterapi apa saja yang mengandung aerosol dalam kadar tinggi. Mereka adalah minyak aromaterapi dengan ekstrak lavender, tea tree, peppermint, lemon, dan eucalyptus (kayu putih).


"Minyak aromaterapi sudah sangat populer dan sering digunakan. Namun dampaknya terhadap kualitas udara dalam ruangan serta efek kesehatan yang dihasilkan minyak aromaterapi tersebut tidak bisa diabaikan," kata para peneliti sebagaimana dilansir Daily Mail.


Minyak aromaterapi memang diklaim bisa menyehatkan serta membuat diri kita rileks. Namun dengan adanya penelitian ini, tidak ada salahnya bila kita semua berhati-hati.


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik PalsuĀ 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
ferry
kalau begitu kita harus memperhatikan aroma threpi yang kita beli biar aman
Sam
bahaya juga minyak itu,harus lihat kandungan zat kimianya apakah berbahaya atau tidak bagi tubuh
Renny
masa minyak aromaterapi bisa beracun terus spa2 yang suka pakai itu gimana. niat mau beli jadi ga jadi -r-
emma
mungkin intensitas penggunaan nya aja yg hrs dikurangi atau paling tidak jgn rutin tiap hari, sebulan 2x..

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index