Ibu Hamil Obesitas, Anaknya Lebih Berisiko Terkena Asma

Senin, 19 Juni 2017 9:58


(ist)

CSR.id - Menjaga berat badan ternyata berlaku juga untuk ibu hamil. Meski pun dipastikan berat badan bakalan naik karena hadir janin, namun jika gemuknya berlebihan tetap tidak baik.


Menurut penelitian di Swedia, ibu hamil yang terlalu gemuk dapat menimbulkan risiko sakit asma pada bayinya kelak setelah lahir. Anak bisa merasakan sakit tersebut mulai usia 8 atau 10 tahun Risikonya mencapai 41 persen. Atau, 14 persen lebih tinggi dari ibu hamil dengan pertambahan berat yang normal.


"Ada risiko lebih tinggi yang jelas mengenai asma pada anak-anak, penggunaan obat, dan perawatan di rumah sakit dengan peningkatan kondisi kegemukan pada ibu saat awal kehamilan," tulis Adrian Lowe dalam penelitiannya.


Peneliti dari Murdoch Childrens Research Institute dan University of Melbourne itu juga mengatakan, kegemukan yang dialami ibu hamil dapat mengurangi kekebalan tubuh bayi. Selain itu, bayi lebih rentan terhadap datangnya alergi. Disarankan, sebaiknya ibu hamil mulai memperhatikan berat badannya sejak melakukan langkah-langkah menuju kehamilan. Ini sebagai antisipasi mengurangi berat badan berlebih saat hamil tiba.


Penelitian yang bekerja sama dengan Umea University di Swedia ini melibatkan 120 ribu ibu dan 189 ribu anak mereka di Stockholm. Rata-rata, indeks massa sang ibu mencapai 35 atau lebih. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of Allergy and Clinical Immunology.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cara Menjawab Pertanyaan Anak Soal Asal Mula Bayi
Tips Membersihkan Peralatan Dapur ynag Benar
Suka Upload Foto Bareng Pacar ke Medsos? Ini Tipe Kepribadian Kamu
Bakar Lemak Perut Selagi Tidur
Warna Mata Seringkali Menjadi Daya Tarik

Please login for commentKomentar
mama
Jadi kalau hamil jaga kondisi untuk tidak sampai obesitas karena ini sangat bahaya buat janinnya
Arif
sekarang aku paham ternyata seperti itu yah. sangat berguna sekali artikel ini untuk dipahami
runi
makanya ibu hamil sebisa mungkin menjaga nutrisi makanannya, boleh makan apa saja tapi yang jelas harus lengkap nutrisinya, biar kalaupun gemuk tapi gemuk sehat
princess
ibunya kenapa=kenapa ternyata bisa pengaruh ke anak yg dalam kandungannya dong ya
xx
kadang ibu hamil tidak terlalu memikirkan kesehatan janinnya, hal ini sangat tidak baik untuk pertumbuhan si buah hati di kemudian hari
ferry
kesehatan ibu hamil juga penting dijaga karena kalau tidak bisa mengakibat anak yang dikandungnya terkena penyakiit
Sam
harus dibuktikan lebih lanjut di penelitian kedokteran agar tidak membuat was-was para ibu hamil
Renny
jangan hamil terlalu besar, nanti kasihan bayi yang didalamnya bisa kena obisitas tau lainnya -r-
emma
ibu hamil pun tetap hrs memperhatikan berat badan selama kehamilan, jgn krn lg hamil boleh makan apa aja dan tdk melihat takaran, krn itu pun tdk dibenarkan..dan itu jg akan berpengaruh pd janin

Event

Men’s Expo 201720 Oktober 2017 - 22 Oktober 2017
Pasaraya Carnival14 Oktober 2017 - 12 November 2017
Indonesia Diecast Expo 201728 Oktober 2017 - 29 Oktober 2017
+ index