Mana Waktu Yang Baik Untuk Belajar? Pagi, Siang, Sore atau Malam

Sabtu, 20 Mei 2017 9:58


(ist)

CSR.id - Kalau jam belajar di sekolah dan tempat les biasanya udah ditentukan, ternyata nggak begitu halnya dengan otak dan pikiranmu. Soalnya, ternyata waktu dalam sehari punya pengaruh yang besar terhadap kemampuan otak memahami pelajaran. Yuk kita lihat kemampuan otakmu menyerap informasi di pagi, siang, dan sore sampai malam hari.
 

- Pagi Hari
JAM : 08.00-12.00


Plus: Di jam ini, otak dalam fase Declarative memory task, sehingga akan cepat menangkap hal-hal yang sifatnya eksak kayak angka, nama, lokasi, dll. Jadi, di jam- jam ini mata pelajaran kayak biologi, fisika, matematika, geologi bahkan sejarah akan lebih cepat terekam di memory kita.


Minus: sayangnya nih, di jam-jam ini, rata-rata kita masih merasa ngantuk. Hal ini dikarenakan overcarbohidrat saat sarapan atau kurang tidur karena begadang di malam hari. alhasil, otak yang mestinya udah refreshed setelah bangun tidur malah terasa lelah karena kurang istirahat.


- Siang Hari
Jam 12.00 – 14.00 PM


Plus: memasuki tengah hari, otak kanan lah yang akan mulai mencapai kemampuan maksimalnya. Waktu-waktu ini cocok dipakai mempelajari atau melatih hal-hal yang berhubungan dengan seni dan bahasa. Selain itu, kamu yang biasa berfikir pun bakal lebih banyak mendapat ide cemerlang di jam-jam ini.


Minus: jujur aja, jam segini otak kamu udah mulai jenuh. Soalnya sepanjang hari kalian udah belajar secara penuh. Jadinya, kadang kamu jadi males dan mengantuk. Apalagi dikasih mata pelajaran berat kaya matematika. Ohiya, asupan makan siangmu juga mempengaruhi kinerja otak di jam-jam ini. 


- Sore sampai Malam Hari
Jam 14.00-19.00


Plus: Memasuki akhir hari, otak kita berpindah ke fase semantic memory. Hal ini membuat otak kita akan lebih mudah mengingat dan menancapkan ilmu yang udah dipelajari seharian tadi. Jadi, akan lebih bagus kalau selama jam ini kamu mereview segala pelajaranmu yang sudah kamu dapat di sekolah.


Minus:  Sayangnya di jam segini, pikiranmu pasti pingin buat segera isitirahat, akhirnya jadi males buat baca-baca. Apalagi udah diajak kencan sama gebetan. Pasti kamu bakal ngeiyain tanpa pikir dua kali. Ohiya, selepas jam 8 hingga 9 malam, sebenarnya otak udah nggak efektif dipakai belajar. Jadi


Nah, karena tiap jam emang ada plus dan minusnya, Dr. Jane Oakhill,psikolog dari University of Sussex mengatakan kalau sebenarnya nggak ada jam terbaik buat belajar. Supaya efektif, yang paling penting itu belajar dengan konstan dan terjadwal tiap harinya. Jadi, kalau kamu mau sukses jadi juara kelas, jangan suka belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam ya, Guys!


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik Palsu 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
Jaebum
Menurut pengalaman pagi hari tuh waktu yang paling enak buat belajar
xx
malam hari baik nya untuk istirahat otak nya dan bisa relax kalo pagi sampai siang khan masi fresh
mickey
kapan aja sih bisa sih tergantung anaknya, kan kalau dipaksa yang ada anaknya malah ga mood buat belajar
princess
menurut saya yang amna aja bagus asalkan kitanya konsen sih , kalau saya selama masih sekolah, waktu belajar ya sepulang sekolah buat ngerjain pr , hehe
charming
tapi lebih mantep lg kalo belajar tengah malem karena suasananya hening jd pelajaran cepet masuk
Achmad
Biasanya sih pagi, karena di pagi hari pikiran kita masih fresh dan bisa menangkap pelajaran yang di sampaikan
rasarasa
Paling pas itu jam 4 sore belajar karena jam 6pagi sampai jam 1 siang sekolah pulang sekolah tidur
emma
jam2 tersebut di atas memang sangat tepat utk belajar..tp jgn terlalu di paksakan jg, paling tdk ada jeda waktu

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index