Warna Cahaya Pengaruhi Produktivitas Pekerja

jumat, 21 April 2017 13:34


(ist)

CSR.id - Anda mungkin pernah mendengar irama sirkadian, siklus alami tubuh yang membantu kita untuk melakukan hal-hal seperti tertidur di malam hari dan aktif di siang hari.


Sekarang, sekelompok peneliti bekerja untuk memanipulasi irama tersebut untuk membuat kita lebih produktif di tempat kerja.


"Semakin banyak klien yang meminta dan mengharapkan sistem pencahayaan dan aplikasi yang dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan manusia," kata Mariana Figueiro dan Mark Rea, profesor di Lighting Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute, seperti ditulis dalam Architectural Lighting baru-baru ini.


Masalah ini sangat penting, karena menurut Badan Perlindungan Lingkungan, orang yang hidup di kota-kota modern menghabiskan lebih dari 90 persen kehidupan mereka di dalam ruangan.


Beberapa tes sekarang menunjukkan bahwa manusia sangat sensitif terhadap cahaya biru, yang pada dasarnya merupakan warna utama yang kita lihat ketika kita berada di luar ruangan. Efek utama cahaya biru adalah untuk menekan melatonin, senyawa kimia otak yang bisa membuat kita merasa mengantuk.


Seperti dicatat Scientific American pada November, sebuah investigasi yang dilakukan oleh Christian Cajochen, kepala Pusat Chronobiology di University of Basel pada 2011, menemukan bahwa relawan yang terkena cahaya biru komputer LED-backlit selama lima jam di malam hari memproduksi melatonin lebih sedikit. "Mereka, tidak merasa terlalu lelah, dan tampil lebih baik pada tes perhatian daripada relawan yang berada di depan layar komputer neon-lit dengan ukuran dan kecerahan yang sama," katanya.


Para peneliti menyarankan para desainer kantor untuk memasukkan sebanyak mungkin cahaya biru seperti siang hari di kantor mereka.


(ayb/int)


Berita Terkait
Makanan Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren Tahun 2018
Pikir-Pikir Lagi Deh kalau Mau Merebus Telur di Microwave
Cara Atasi Kulit Kering Saat Musim Hujan
Gak Perlu Obat! Ini 3 Makanan Enak yang Bisa Bantu Usir Flu Lebih Cepat
Zodiak ini Terkenal Miliki Sifat Paling Murah Hati

Please login for commentKomentar
Marsim
jadi klo kerja di ruangan sesekali harua keluar untuk meliahat cahaya yg di luar bukan di deoan komputer terus.
ferry
tiap cahaya memang ada pengaruhnya pada manusia karena mempengaruhi psikologis seseorang
xx
ada hal hal yang tidak disadari kalau bisa mempengaruhi produktifitas kerja, seperti cahaya ini, tergantung kepada orang orang sepertinya,
runi
biru kadang bikin ngantuk tapi mungkin tergantung jam nya kali ya, warna terlalu terang juga malah bikin mata cepat lelah, spertinya ane kudu kombinasi banyak warna nih buat kerja
awil
saya suka lampu belajar yang warna kuning kalo lagi belajar, lebih konsen belajarnya
Sam
ternyata warna cahaya mempengaruhi kinerja otak dalam bekerja, kalau warna tidak sesuai malah membuat mengantuk
Achmad
Bener banget, saya sudah mengalami hal ini, yang ada malah kinerja ga beres dan bikin matanya cepet capek
emma
makanya kalau lagi kerja ruangannya dibuat terang benderang biar ga ngantuk, kalau agak remang2 malah ngantuk

Event

Kicks Con30 November 2017 - 03 Desember 2017
Year End Sale27 November 2017 - 03 Desember 2017
Global Career and Education Fair25 November 2017 - 25 November 2017
Pelatihan Automasi Mesin Industri25 November 2017 - 25 November 2017
+ index