Cara Mencegah Kanker dengan Bersepeda 30 Menit Sehari

jumat, 21 April 2017 11:05


(ist)

CSR.id - Kunci tetap sehat dan panjang umur terletak pada dua hal, yakni diet sehat dan olahraga. Baru-baru ini, peneliti dari University of Glasglow di Skotlandia menemukan manfaat mengendarai sepeda setiap hari yang dapat menghindarkan Anda dari risiko kanker atau penyakit jantung.


"Kami menemukan bahwa bersepeda dapat membantu menurunkan berbagai risiko kesehatan," ujar Dr. Jason Gill, dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences, seperti dilansir Medical Daily.


Berbagai penelitian sebelumnya juga telah mengaitkan efek bersepeda dengan kesehatan. Dalam sebuah penelitian tahun 2008, yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer, para peneliti menemukan hubungan langsung antara waktu yang dihabiskan untuk bersepeda dan risiko kanker yang mungkin diidap.


Menurut peneliti, bersepeda selama setengah jam dapat mengurangi risiko kanker sebesar 34 persen. Risiko kematian akibat kanker juga menurun sebesar 12 persen jika seseorang melakukannya selama satu jam.


Temuan juga mengungkapkan kebiasaan bersepeda ke tempat kerja juga dikaitkan dengan penurunan risiko mengidap penyakit jantung, kanker, dan semua penyebab kematian.


Mengendarai sepeda menuju tempat kerja bahkan terbukti menurunkan 45 persen risiko mengidap kanker dan 46 persen risiko mengidap penyakit jantung, dibandingkan mereka yang mengendarai mobil atau sepeda motor.


Lalu bagaimana dengan pejalan kaki? Para peneliti belum menemukan hubungan antara risiko kanker yang lebih rendah bagi para pejalan kaki. Namun, mereka memiliki beberapa teori mengapa pengguna sepeda lebih sehat daripada pejalan kaki.


"Ini mungkin karena pejalan kaki menghasilkan jarak yang lebih pendek daripada pesepeda dan berjalan merupakan intensitas latihan yang lebih ringan daripada bersepeda," kata Dr. Carlos Celis-Morales, penulis studi.


Untuk menuai keuntungan yang sama dengan pesepeda, pejalan kaki harus bolak-balik selama dua jam seminggu dengan kecepatan rata-rata 5 km per jam.


(ayb/int)


Berita Terkait
Bahayanya Kosmetik PalsuĀ 
Mandi Ternyata Mampu Hilangkan Stres dan Redakan Kemarahan
Buah Nangka Adalah Pembunuh Sel Kanker yang Ampuh?
Ini Jurus Jitu Tekan Berat Badan Usai Lebaran
Kenapa Hitam Disebut Si Raja Warna?

Please login for commentKomentar
Marsim
bersepeda emang bagua sih,tapi waktunya kapan sedangkan klo pagi sudah sibuk kerja,dan pulang kerja sudah mlm dan capai.
rasarasa
Bersepeda memang bagus selain mencegah kanker juga tidak menyebabkan polusi udara
ferry
ternyata mencegah kanker bisa dengan cara yang sederhana seperti bersepeda ini asal ada kemauan
xx
30 menit cukup untuk mencegah kanker jadi mari lakaukan olah raga ini , tapi kapan waktu yang bisa ya kalau kerja nya begini
runi
bersepeda memang kegiatan yang sangat menyenangkan selain itu juga merupakan olahraga yang menyehatkan juga
awil
kalo begitu harus beli sepeda dan minggu depan langsung rutin bersepeda tiap hari
Sam
harus dicoba untuk bersepeda setiap hari agar dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuh
Achmad
Boleh di coba nich, siapa tahu ini sangat bermanfaat sekali untuk kita
emma
kalau memang bener begitu, berarti harus beli sepeda ya,,seminggu sekali bersepeda supaya terhindar dari kanker

Event

Indonesia CSR Exhibition (ICE) 201718 Agustus 2017 - 20 Agustus 2017
MAGnight Shopping 201717 Juni 2017 - 17 Juni 2017
Pesona Pedas Nusantara 201716 Juni 2017 - 16 Juni 2017
+ index